Benarkah Makan Jengkol dan Petai Sekaligus Bikin Sakit Perut?

Benarkah Makan Jengkol dan Petai Sekaligus Bikin Sakit Perut?

 Makan Jengkol dan Petai Bikin Sakit Perut?

Mendengar nama jengkol dan petai, otomatis kita langsung terkenang dengan aromanya yang khas. Ya, pamor makanan kelompok biji-bijian ini paling akrab memunculkan bau napas ketika dimakan. Meski begitu, bau khas itu tidak dapat menutupi rasa nikmat yang dialami para penyuka kuliner ini.

Yang jadi pertanyaan, katanya santap petai dan jengkol bersamaan bisa buat sakit perut, benarkah?

Benarkah santap petai dan jengkol bersamaan buat sakit perut?
petai dan jengkol

Petai dan jengkol sama-sama adalahtumbuhan jenis biji-bijian yang tidak sedikit ditemukan di distrik Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, makanan yang satu ini dapat dengan gampang Anda temukan di tukang sayur, pasar tradisional, sampai pasar swalayan.

Bagi semua penikmat makanan dengan wewangian khas ini, tentu telah tahu bahwa jengkol dan petai dapat dengan mudah diubah menjadi pelbagai sajian. Bahkan dicicipi mentah juga tidak akan meminimalisir nikmatnya cita rasa biji-bijian ini.

Hanya saja, sebab risiko bau napas yang hadir tepat ketika maupun sesudah Anda santap petai dan jengkol membuat dua-duanya jarang dimakan bersamaan.

Dengan dalil tersebut, banyak sekali orang lebih memilih memakan salah satunya untuk mengurangi bisa jadi munculnya bau napas dan urine yang terlampau menyengat.

Sedangkan sejumlah orang lainnya, tak mau makan petai dan jengkol bersamaan karena berdalih bisa menciptakan sakit perut setelahnya. Bahkan, rasa sakit pada perut ini seringkali disertai dengan keluhan melilit. Benarkah demikian?

Sejauh ini sebetulnya belum ada riset atau keterangan ilmiah yang membicarakan mengenai efek dari santap jengkol dan petai secara bersamaan.

Itu pulang lagi ke diri kita sendiri, apakah hendak memakannya berbarengan atau satu per satu.

Jika ternyata setelahnya hadir rasa sakit disertai dengan keluhan tidak nyaman pada perut laksana melilit, barangkali ada hal beda yang menjadi penyebabnya.

Namun, efek yang lazimnya terjadi setelah santap petai dan jengkol berbarengan pasti bau napas dan urine kita menjadi lebih “semerbak” ketimbang memakan salah satunya saja.

Efek banyak sekali makan petai dan jengkol
manfaat jengkol untuk kesehatan
Meski belum terbukti bahwa santap petai dan jengkol bersamaan dapat menimbulkan sakit perut, namun Anda tidak disarankan untuk memakan kedua biji-bijian ini dalam jumlah yang terlampau banyak.

Jengkol, yang punya nama latin Pithecellobium jeringa atau Archidendron pauciflorum, ditemukan bisa melukai ginjal. Hal ini seperti dilafalkan dalam sebuah riset yang dimuat pada International Medical Case Reports Journal.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa djenkolism, sebutan untuk santap jengkol dalam jumlah berlebihan bakal mengahasil asam jengkolat.

Asam jengkolat berikut yang lantas mengarah pada terbentuknya kristal pada ginjal drainase kemih. Alhasil, ini dapat menciptakan Anda merasakan nyeri panggul, mual, muntah, sakit perut, dan sumbatan drainase kencing.

Bahkan, Anda pun berisiko merasakan cedera ginjal akut bilamana sudah dalam situasi yang lumayan parah. Itulah kenapa Anda tidak dianjurkan makan jengkol dan petai terlampau banyak.

Berbagai fenomena tersebut dapat semakin parah bilamana Anda yang memang telah memilki asam lambung tinggi. Ini sebab kandungan asam jengkolat sulit larut dalam air dan akan menyusun kristal ketika berada pada fokus asam lambung yang tinggi.

Kristal ini yang nantinya bisa menyumbat drainase kemih dan ginjal, sampai menimbulkan sekian banyak  gejala pada tubuh.

Sementara guna petai yang mempunyai nama latin Parkia speciosa, belum ada riset khusus yang membicarakan efek samping dari santap petai dalam jumlah banyak.

Hal itu diungkapkan dalam tulisan yang diterbitkan oleh Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.

Dalam tulisan tersebut menuliskan bahwa riset lain belum mengejar efek buruk dari konsumsi petai.

Namun lagi-lagi, terdapat baiknya kita membatasi santap jengkol dan petai melulu dalam porsi yang secukupnya, termasuk ketika dimakan bersamaan. https://www.kadenze.com/users/george-02 https://toplistingsite.com/profile-54283-kuismedia.html https://evisionthemes.com/supports/users/kuismedia/ https://www.bikemap.net/en/u/dlvu0vo https://george02.fws.store/ https://directory.cumnockchronicle.com/company/0bf42e4d302e314b4289404514e6c79a https://www.teachertube.com/user/channel/kuismedia http://www.effecthub.com/user/2037140 https://fliphtml5.com/homepage/jdtvp https://profiles.xero.com/people/george02 https://www.vox.com/users/maspedia https://we.riseup.net/kuismedia02/kuismedia02 https://seedandspark.com/user/kuismedia https://cycling74.com/author/619c737f7f0d2e103a30ad06 https://www.gta5-mods.com/users/kuismedia https://www.longisland.com/profile/kuismedia https://sharecg.com/kuismedia https://support.advancedcustomfields.com/forums/users/kuismedia/ https://bookmeter.com/users/1295334 https://www.madinamerica.com/forums/users/kuismedia/ https://www.myminifactory.com/users/blogkuismedia https://www.speedrun.com/user/kuismedia https://www.dday.it/profilo/kuismedia https://twinoid.com/user/10028025 https://ioby.org/users/dlvu0vo609177 https://artmight.com/user/profile/342424 https://www.wantedly.com/id/kuis_media https://www.reverbnation.com/kuismedia https://webanketa.com/forms/6cskgc9m6mqkgeb274v66rhs/
Tampilkan Komentar


EmoticonEmoticon